Bencara banjir bandang. Poto Perilaku-Jujur.com


Di Kolom bumi ini berupakan tempat yang harus menghidupin bagi manusia yang ciptaan oleh Tuhan Allah, Dan disitu harus terdapat dampaknya nasip buruk tradapanusia, dan manusia sendiri yang membuat. Justru manusia pulah yang harus mewaspadai sebelum bencara banjir bandang terjadi.


Opini. Banjir bandang merupakan Faktor buruk dalam  kehidupan manusia.   Faktor ini juga merupakan fenomena alam yang kerap dengan curah hujan yang cukup tinggi meskipun dalam kasusnya yang sering berdampak kerugian harta benda tapi tidak jarang sampai menghilangkan nyawa manusia.  Penyebab kebanjiran aliran sungai yang sebagai faktor bruk bagi lingkungan untuk aktivitas manusia sehari-hari.


Banjir yang selalu melanda merupakan sebuah hal logis yang terjadi karena ini berada di plosok bumi dengan curah hujan tersebut. Sehingga berpotensi bercurah hujan penanganan ekstra sebagaimana (BMKG)


1.Zom Monsual, adalah pola hujan tahunan dengan dua periode yaitu satu periode tertinggi dan satunya periode terendah

2.Zom Ekuatorial, adalah pola hujan tahunan dengan dua periode tertinggi (puncak)

3.Zom Lokal, adalah pola hujan tahunan yang berbeda dengan Zom Monsual dan Zom Ekuatorial


Sistem Early Warning bagi lingkungan hidup sebagai Sistem (EWS) yang pernah berjalan sebagai mitigasi yang lebih efisien .



Agar perlu dibuatnya sebuah Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dalam penanganan banjir sehingga penanganan banjir yang tepat akan menghasilkan hasil yang efisien dan optimal untuk menekan kerugian harta benda dan juga nyawa manusia.  



Hal ini manusia harus mewaspadai sebelumnya di wilayah yang sering terdampak banjir ataupun yang tidak memiliki resiko banjir. Maka harus perlu dipantau secara sesama.



Justru. Sistem Pendukung Keputusan Klasifikasi Tingkat Kerawanan Banjir tersebut. Implementasi Metode Fuzzy Mamdani sebagai Deteksi Awal Banjir Lokal di Bendungan sebagai Gerak Serayu." Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education. 


Redaksi: [ PJ ]


Lebih baru Lebih lama