Setelah Bupati Mimika Eltinus Omaleng menangkap dan dibawa ke gedung KPK, PJ Gubernur provinsi papua Tengah, Ribka Haluk melantik sekda kab mimika.



Timika, Perilaku-Jujur.com-- Bupati Mimika Eltinus Omaleng paksa di tangkap tim KPK di Jayapura Papua pada Rabu (7/8/2022). Eltinus disebut terlibat dalam dugaan korupsi gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika Papua.

Setelah penangkana  Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk melantik Pj Sekda Provinsi Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito sebagai Penjabat Bupati Mimika di Aula Kantor Pemprov Papua Tengah di Nabire pada Selasa 20 Juni 2023).

Pelantikan didasarkan pada surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 1.2.1.3-1263/2023 Tentang Pengangkatan Penjabat bupati Mimika Provinsi Papua Tengah.

Sebelumnya Kabupaten Mimika dipimpin Eltinus Omaleng sebagau Bupati dan Johannes Rettob sebagai wakil. Keduanya dilantik pada tanggal 6 September 2019 setelah menang Pilkada tahun 2018.

Pada September 2022, Eltinus Omaleng ditangkap KPK di Jayapura atas dugaan korupsi pembangunan gereja kingmi di mile 32 Mimika. Omaleng kemudian dinonaktifkan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Johannes Rettob kemudian ditetapkan menjadi Plt Bupati Mimika, namun ia ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter saat menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika sejak tahun  2015.

Kasus yang menjerat Etinus saat sedang bergulir di Pengadilan Tipikor Makassar dan mendapat penangguhan penahanan. Sementara kasus Johannes Rettob di Pengadilan Tipikor Jayapura dengan status tidak ditahan. Tutupnya (*)
Lebih baru Lebih lama