Sumber  Poto  Susi Air di google.com/Its

 Tragedi Susi Air membuat takut menerbang pesawat di wilaya timur papua.

Jakarta, Perilaku-Jujur.com--- Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan M Mauluddin mengatakan, tragedi ini membuat jumlah penerbangan dikurangi. Namun ia memastikan penerbangan perintis yang beroperasi di daerah terpencil masih tetap berjalan.


"Perintis tetap jalan. Cuma mungkin misalnya penerbangannya yang dulu bisa 1-5 kali, sekarang hanya sekali. Tapi perintis jalan," kata pria yang akrab disapa Boy ini saat ditemui di Soho Pancoran, Jakarta Timur, Jumat (3/3/2023).


"Meskipun sebagian penerbangan masih berjalan, Boy mengatakan sejumlah bandara ditutup sementara demi alasan keamanan. Hal ini dilakukan demi mengurangi resiko kejadian serupa seperti yang dialami Susi Air terjadi kembali.


"Penerbangan perintis tetap berjalan, tetapi memang ada beberapa bandara yang memang dianggap tidak aman, tidak diterbangkan sementara ini. Tapi semua penerbangan perintis masih berjalan," ujarnya.



"Tidak hanya berimbas kepada operasional pesawat ke wilayah paling Timur papua dari indonesia, kejadian pembakaran pesawat dan penyanderaan pilot Susi Air juga turut menghantui para awak yang bertugas di pesawat perintis. Dalam hal ini, keamanan penerbangan jadi dipertanyakan.


"Oh pasti, pasti (ada ketakutan dari awak pesawat). Jadi nanti kita tambah lagi dari sisi pengamanannya," Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Denon Prawiraatmadja, saat dijumpai di lokasi yang sama.


"Hal ini. Waspadai sebelu terjadi kedua kali suapaya tidak terjadi kedua kali lagi. Apa lagi kerusuhan tradap  pilot susi air susa mencari sampai saat ini.  Tutupnya.

Lebih baru Lebih lama